Pages

Banner 468 x 60px

 

Rabu, 03 April 2019

Tutorial Membuat Jaringan Peer To Peer Dan Client Server Di Cisco Paket Tracer

0 komentar


Peer To Peer
Peer To Peer adalah  jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.
Tutorial Membuat Jaringan Peer To Peer Di Cisco Paket Tracer
1Buka Cisco Packet Tracer di komputer anda

      
2. Buat 2 PC atau Komputer yang terletakan di end device




3. Sambungkan Kedua PC Menggunakan Cross Over dan menggunakan Fast ethernet yang terletak di Connection



4. Setting Ip Address di PC0 Dengan Cara Klik kanan>Masuk Tabel Desktop>Pilih IP Configuration> Centang Static Dan Isikan IP seperti dibawah ini




5. Setting IP Address di PC1 LAngkahnya Sama Seperti pada diatas tetapi isi IP address harus angka dibelakangnya


6. Jika sudah, coba Ping Dari PC0 Ke PC1 caranya klik kanan PC0>Desktop>Command Prompt>Dan Ketikan Ping 192.168.88.2,Jika yang keluar text reply berhasil jika RTO (Request Timed out) berarti gagal  



Client Server
Client Server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.
Tutorial Membuat Jaringan Client Server Di Cisco Paket Tracer
1. Buka Cisco Packet Tracer. Disini saya menggunakan Cisco versi 7.1.0.0221.

2. Desain tampilan seperti gambar di bawah dengan 1 switch, 1 server, dan 3 client/PC. Cara nya tarik ikon-ikon tersebut ke lembar kerja. switch terletak pada bagian Network Service, gunakan yang 2950-24. Server dan Client terletak pada bagian End Device.


3. Hubungkan semua perangkat ke switch dengan cara memilih Connection, gunakan yang auto connect (ikon petir) agar lebih mudah.


4.  Klik ikon server, lalu pilih tab service, kemudian klik opsi DHCP. Setelah itu pilih ON dan atur IP Address beserta gateway defaultnya. Kemudian klik save.

5. Pilih tab dekstop, lalu pilih IP Configuration. Atur IP Address dan gateway.


6. Klik ikon PC/Client. Atur IP menggunakan opsi DHCP pada IP Configuration. Lakukan hal yang sama pada PC/Client yang lain. Maka akan didapat IP Address untuk masing-masing Client.



7.  Lakukan pengecekan koneksi dengan cara klik salah satu PC, kemudian pada tab dekstop pilih command prompt. Lalu ketikkan ping(spasi)(IP Address client yang lain). Contohnya ping 192.168.1.3. Apabila tampilannya seperti pada gambar, maka jaringan berhasil terkoneksi. Namun apabila gagal maka terdapat tulisan Request Time Out.



0 komentar:

Posting Komentar